Batik Lumajang sudah ada sejak dulu ?

Batik Lumajang sudah ada sejak dulu ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTqqY7Az4pfVHANeC3Qqt7Yv2Spy_NzMrikofhXvipErWBOx0U02388_wSe7FJLXA5NtE2Iu6AKhSEY5qMbtuA_Owy80q6sYjLkZMkWuIH11A0C16qqhZuZN39nasqKiHjxKhGGTqSUD1c/s72-c/Foto-0936.jpg
Hai pecinta batik....... 
Belum banyak yang belum tahu kalau Lumajang punya kerajinan batik kan???? Iya, batik!!! Seperti halnya batik Yogya, Solo atau Pekalongan yang selama ini kita lebih banyak kenal. Tak kalah dengan daerah lain, Lumajang, sebuah kota kecil di Jawa Timur juga mempunya batik khas yang jika diamati dengan seksama, mempunyai ciri khas.
Ada yang mengatakan kampung batik ini sempat mengalami kejayaan di era Orde Baru. Tetapi ada juga yang mengatakan kejayaan itu terjadi sebelum 1960. Yang jelas, dengan kreasi motif khas Lumajang seperti pisang, sulur, gelombang samudra, dan burung penglor, batik Lumajang pernah mengambil tempat di pasaran
 

Mungkin para pecinta batik baru - baru ini mengenal batik lumajang lewat P. Munir. Ya, P. Munir merupakan pengrajin batik lumajangan pertama di Lumajang.
Namun tahukah kalian bahwa batik di Lumajang sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu lho. Mungkin belum populer ya? hehe. Hal ini senada dengan pernyataan P. Khaidar, seorang pengrajin batik lumajangan yang bertempat di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Beliau baru tau kalo batik di Lumajang sudah ada sejak dulu. Ya setelah menggeluti usaha batik, ibunya bercerita bahwa nenek dan "mbah buyut"nya dulu juga seorang pengrajin batik. Motif yang ada salah satunya batik kluwung.  
 

 Batik khas Lumajang, kini sudah banyak dminati masyarakat baik di wilayah Lumajang, di beberapa daerah regional Jawa Timur, sampai ke luar Provinsi.


Kembali ke batik khas lumajang, Anda yang tertarik ingin mengoleksinya bisa melakukan pemesanan disini. Bahkan yang menginginkan motif khusus (sesuai keinginan) juga bisa. Batik yang dipesan akan diantar setelah ada pembayaran, dan ongkos kirim ditanggung pembeli. 
Nah, sekian dulu nih cerita-cerita tentang Batik Lumajang, kalo berminat dengan batik lumajangan, bisa berkunjung ke galery kami di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.
Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Batik Arlins - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger